Apakah Tipe Kulit Wajah Bisa Berubah? Ini Penjelasannya!
15 February 2023 - by Nadira Maurizka
COPY LINK

Apakah Tipe Kulit Wajah Bisa Berubah? Ini Penjelasannya!

 

Jenis tipe kulit bisa sulit untuk diidentifikasi, namun penting untuk kamu ketahui. Mengetahui jenis kulit kamu dapat mempermudah kamu mencari jenis skincare yang aman dan cocok untuk tipe kulit kamu. Dengan begitu, manfaat skincare akan lebih terasa dan memberikan hasil yang baik untuk kulit.

 

Tapi, perlu kamu perhatikan juga nih apakah tipe kulit kamu tetap stabil atau berubah akhir-akhir ini. Karena perubahan tipe kulit bisa memengaruhi hasil penggunaan skincare kamu. Sebelum itu, yuk kita cari tahu jenis tipe kulit apa yang mungkin kamu miliki!

 

Baca Juga: Penyebab Bibir Kering dan Cara Mengatasinya

 

 

Macam-macam tipe kulit dan cara mengetahuinya

 

oilyskin.jpg

 

Kulit memiliki beberapa tipe, mulai dari normal, berminyakkering, hingga kulit sensitif. Kamu bisa melakukan langkah-langkah sederhana ini untuk mengetahui tipe kulit yang kamu miliki;

 

1. Memperhatikan kondisi kulit seharian

Apakah kulit kamu terasa berminyak dan mengkilap? Atau hanya area hidung dan dahi saja yang berminyak? Apakah kulit kamu terasa kencang dan agak bersisik di area tertentu di wajah? Atau kulit kamu sering terasa gatal dan kemerahan?

 

Dengan memperhatikan kondisi kulit sepanjang hari, kamu bisa menentukan tipe kulit apa yang kamu miliki. Seseorang dengan kulit normal biasanya tetap menghasilkan minyak pada area hidung, dagu, atau dahi, namun tidak licin jika tersentuh. Perhatikan kondisi kulit dalam sehari, tanpa mencuci wajah dengan sabun di siang hari.

 

2. Cuci wajah dengan sabun, lalu tunggu 30 menit dan amati.

Apabila kegiatan kamu tidak memungkinkan untuk cara pertama, kamu bisa mencoba ini. Cuci wajah kamu dengan cleanser, lalu tunggu 30 menit tanpa mengaplikasikan produk lain. Amati kulit kamu, apakah terasa kering dan tertarik, atau langsung terasa berminyak?

 

3. Konsultasi dengan dermatologis

Jika kamu masih ragu dengan pengamatanmu, kamu tentu saja bisa mengunjungi klinik untuk melakukan konsultasi mengenai tipe kulit wajah yang kamu miliki.




Bisakah tipe kulit wajah kamu berubah?

 

Jenis-kulit.jpg

 

Kamu mungkin pernah merasa kulit kamu dulu tidak terlalu berminyak atau cenderung normal, namun seiring bertambahnya usia, kulit kamu semakin berminyak. Apakah kamu sedang mengalami perubahan tipe kulit? Jawabannya, mungkin saja.

 

Tipe kulit seseorang didapati melalui genetik yang diturunkan oleh orang tua. Apabila ibu atau ayah kamu memiliki kulit berminyak, maka kemungkinan besar kamu juga memiliki kulit berminyak. Begitu pula dengan kulit kering dan sensitif. Namun, tidak menutup kesempatan tipe kulit kamu bisa berubah. Biasanya hal ini membutuhkan proses yang panjang. Ini dia faktor-faktor yang bisa memengaruhi perubahan tipe kulit wajah kamu:

 

  • Perubahan cuaca

Perubahan cuaca ternyata bisa memengaruhi tipe kulit wajah kamu, lho. Perubahan cuaca yang tiba-tiba dari panas ke dingin bisa membuat kulit kamu semakin kering atau semakin berminyak dari biasanya.

 

  • Perubahan hormon

Perubahan hormon yang dialami perempuan sangat berpengaruh terhadap kondisi kulit. Pernahkah kamu memperhatikan jika saat datang bulan, kulit kamu cenderung berminyak dan mudah jerawatan? Hal ini ternyata dipengaruhi oleh hormon saat menstruasi. Begitu pun saat hamil, menopause atau dalam penggunaan pil KB. Namun hal ini bersifat sementara saja.

 

  • Lingkungan

Perhatikan apakah belakangan ini kondisi lingkungan kamu berubah. Hal tersebut bisa memengaruhi perubahan tipe kulit kamu juga. Lingkungan yang semakin banyak polusi hingga radikal bebas bisa membuat kulit kamu rusak jika tidak diimbangi dengan skincare yang cocok untuk kulit.

 

  • Sedang menggunakan produk secara topikal

Apabila kamu sedang menggunakan produk skincare dengan kandungan seperti retinol atau AHA, maka kemungkinan besar kulit kamu bisa menjadi lebih kering dari biasanya. Oleh karena itu, penggunaan skincare tersebut harus disertai dengan moisturizer yang mumpuni dan juga sunscreen di pagi dan siang hari.



Baca Juga: Mengenal Skin Minimalism dan Keuntungannya

 

 

Satu hal lagi yang bisa kamu ketahui, bahwa campuran tipe kulit berminyak dan flaky yang terlalu ekstrim bukan berarti kamu memiliki tipe kulit kombinasi, bisa jadi kulit kamu sedang mengalami dehidrasi. Kulit yang dehidrasi harus diatasi terlebih dahulu sebelum kamu memutuskan untuk membeli skincare yang sesuai dengan tipe kulit kamu.

 

Kulit kamu bisa saja kembali ke tipe semula ketika faktor-faktor di atas tidak lagi ada. Untuk meminimalisir ketidakcocokan produk ketika kulit kamu sedang mengalami perubahan, kamu bisa pelan-pelan mencari jenis skincare yang lebih gentle yang bisa menemani kulit kamu dalam fase perubahan tersebut.

 

Jika kamu masih mempunyai pertanyaan seputar tipe kulit yang kamu miliki, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter di sini ya!

 

 

Referensi:

Healthline. The No BS Guide to Discovering Your Real Skin Type. Diakses pada 10 Februari 2023.

The Health Site. Is It Possible To Change Your Skin Type Without Damaging The Texture?. Diakses pada 10 Februari 2023.

Byrdie. Here’s Why My Skincare Routine Has Been Doing More Harm Than Good.  Diakses pada 10 Februari 2023.



Tags :
Other Articles