Yuk, Intip Sederet Artis yang Pernah Melakukan Perawatan Sedot Lemak
06 May 2023 - by Miftahur Rahmi
COPY LINK

Yuk, Intip Sederet Artis yang Pernah Melakukan Perawatan Sedot Lemak

 

Apakah kamu udah nggak asing dengan prosedur sedot lemak? Pastinya Sedot lemak bukan hal yang tabu lagi karena sudah cukup populer semenjak tahun 2000-an. Sedot lemak atau liposuction merupakan prosedur medis di bidang estetika. Namun, sedot lemak bukan bertujuan untuk menghasilkan lesung pipi, hidung yang lebih mancung, atau membuat wajah lebih tirus karena hanya bertujuan untuk mengangkat lemak saja.

 

Treatment ini digolongkan pada pembedahan estetika untuk menghilangkan lemak di bagian tubuh tertentu, seperti perut, bokong, panggul, paha, lengan, leher, atau wajah dengan suction untuk memperbaiki tampilannya. Oleh sebab itu, jika pembedahan dalam skala kecil atau sedang bisa dilakukan oleh dokter bedah atau estetika profesional di klinik saja, tetapi jika tindakan sedot lemak skala besar harus dilakukan di rumah sakit.

 

Ada beberapa teknik sedot lemak yang populer dilakukan. Misalnya tumescent liposuction dengan menyuntikkan larutan steril ke area yang lemaknya akan dihilangkan, ultrasound assisted liposuction yang menggunakan gelombang suara di bawah kulit untuk memecahkan sel-sel lemak, dan laser assisted liposuction dengan menggunakan teknologi laser untuk menghancurkan lemak. Pastinya, setiap teknik memiliki kelebihannya masing-masing untuk mempermudah dan meminimalisir rasa sakit pasca tindakan.

 

Sayangnya, tidak semua orang bisa melakukan prosedur sedot lemak ini karena harus disertai dengan kondisi tubuh yang sehat dan prima, serta sedang tidak mengkonsumsi obat-obatan, seperti pengencer darah dan nonsteroidal anti-inflammatory (NSAIDs).

 

Sedot lemak yang berkaitan dengan tampilan dan kepercayaan diri pastinya makin nge-trend di berbagai kalangan, termasuk sederet artis Indonesia nih. Tujuannya tentu untuk memperbaiki bentuk beberapa anggota tubuh serta untuk mencapai penampilan yang ideal.

 

Baca Juga: 4 Perawatan Wajah & Tubuh Saat Puasa

 

 

5 Artis Indonesia yang Pernah Melakukan Sedot Lemak

 

Biar nggak makin penasaran, berikut daftar artis yang mengaku pernah melakukan prosedur sedot lemak.

 

 

1. Ivan Gunawan

 

Ivan-gunawan.jpg

 

Siapa yang nggak kenal dengan fashion designer kondang satu ini. Ivan Gunawan pernah melakukan sedot lemak sekitar tahun 2011 di area paha, pinggang, dan pinggul; bahkan berhasil menyedot hingga 19 liter lemak dari anggota tubuh tersebut!

 

 

2. Krisdayanti

 

Krisdayanti.jpg

 

Diva Indonesia satu ini pernah melakukan prosedur sedot lemak sekitar tahun 2012 silam yang dilakukannya di salah satu rumah sakit di Singapura dengan biaya ribuan dollar per jamnya. Namun, meski sudah melakukan sedot lemak, KD tetap konsisten menjaga pola hidup sehat dengan rutin berolahraga seperti banyak momen yang dibagikannya lewat media sosial pribadi.

 

 

3. Olla Ramlan

 

Olla-ramlan.jpg

 

Public figure satu ini pernah melakukan sedot lemak pasca alami kenaikan berat badan signifikan saat hamil dan menyusui. Olla merogok kocek hingga Rp40 juta untuk tindakan sedot lemak di paha dengan durasi operasi selama lima jam.

 

Baca Juga: Mau Coba Threadlift Yang Aman? Simak Ulasan Menurut Pelopornya Yuk!

 

 

4. Titi DJ

 

Titi-dj.jpg

 

Penyanyi kondang Titi DJ mengaku pernah melakukan tindakan sedot lemak pada tahun 2005 di beberapa area tubuhnya. Hasilnya, perawatan ini berhasil mengembalikan kepercayaan dirinya untuk tampil di depan umum.

 

 

5. Anisa Bahar

 

Anisa-bahar.jpg

 

Pedangdut Anisa Bahar mengaku pernah melakukan sedot lemak setelah bertahun-tahun kehilangan kepercayaan diri dengan kondisi tubuhnya saat bernyanyi di atas panggung. Setelahnya, ia makin percaya diri untuk tampil dan beraksi kembali.

 

 

Apakah Hasil Sedot Lemak Bersifat Permanen?

 

Salah satu pertanyaan yang paling banyak diajukan sebelum tindakan sedot lemak adalah; apakah hasilnya akan bertahan selamanya? Yes, sel-sel lemak akan dihilangkan secara permanen, tetapi sel-sel lemak baru bisa kembali muncul dan menyebar ke berbagai area tubuh.

 

Makanya, demi menjaga bentuk tubuh pasca operasi, kamu tetap harus menjaga pola makan dengan mengkonsumsi protein cukup tanpa lemak, buah dan sayur-sayuran, serta produk susu rendah lemak, dan tidak lupa rutin berolahraga.

 

Selain itu, karena masuk dalam tindakan pembedahan, sedot lemak tentu menimbulkan beberapa risiko medis, misalnya saja pendarahan, rasa sakit, sensitivitas kulit, atau akumulasi cairan di bawah kulit. Namun, kamu tidak perlu khawatir, efek ini tidak akan berlangsung lama dan berangsur membaik selama disiplin mengikuti saran dokter, termasuk mengkonsumsi obat-obatan yang diresepkan.

 

Baca Juga: Waspada, Face Shaving Sendiri di Rumah Ternyata Berisiko Bahaya Loh!

 

Gimana, penasaran ingin tahu lebih jauh soal prosedur sedot lemak ini? Pastikan kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter profesional di klinik kecantikan atau rumah sakit terdekat, ya!

 

Referensi:

WebMD (2020). diakses 2023. Liposuction: What You Should Know.

Mayo Clinic (2023). diakses 2023. Liposuction.

The Asian Parent (2023). diakses 2023. 7 Artis yang Blak-Blakan Lakukan Sedot Lemak, Terbaru Inul Daratista!

Tags :
Other Articles