4 Perawatan Wajah dan Tubuh Saat Puasa
11 April 2023 - by Raesindy Dzufriana
COPY LINK

4 Perawatan Wajah & Tubuh Saat Puasa

 

Ketika bercermin apa kamu merasa ada perubahan pada kondisi wajah kamu? Tentu saja ketika sedang melakukan ibadah puasa kondisi kulit wajah akan berubah akibat dehidrasi. Salah satu tips untuk meminimalisir dehidrasi pada kulit ketika bulan puasa yaitu mengkonsumsi air putih 8 gelas sehari, rutin mencuci muka agar tidak kering, perbanyak asupan nutrisi hingga rutin melakukan olahraga yang ringan.

 

Tentu kondisi setiap orang berbeda-beda, ada yang memiliki kulit sensitif saat dehidrasi dan ada juga yang selama puasa kondisi kulitnya tetap stabil. Lalu, apa saja perawatan yang dapat kamu lakukan untuk memperbaiki masalah kulit agar tidak semakin parah saat puasa? Simak terus pembahasannya pada artikel dibawah ini!

 

  • Facial

Facial adalah perawatan kecantikan yang paling populer, tindakan ini dapat membantu menjaga kesehatan kulit wajah. Treatment ini dilakukan untuk membersihkan wajah hingga dalam pori-pori, mengelupas sel kulit mati, menghidrasi dan melembabkan kulit, serta mengatasi berbagai masalah kulit. Bagi beberapa orang facial mungkin akan mengeluarkan air mata dan darah akan tetapi tindakan ini tidak tergolong membatalkan puasa. Prosedur facial sendiri dilakukan dengan cara seperti peeling, eksfoliasi, pemijatan hingga masker. 

 

Setelah melakukan facial kulit menjadi lebih ringan, bersih dan segar terhidrasi. Akan tetapi kulit menjadi sedikit sensitif karena lapisan kulit menipis, ada baiknya untuk menjaga kulit agar tidak terkena sinar matahari langsung. Namun jika kamu memiliki masalah kulit sensitif ada baiknya untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu.

 

Baca Juga: Apa Penyebab Jerawat & Bagaimana Mengatasinya?

 

  • Oxygen  Facial

Bagi beberapa klinik kecantikan, mungkin oxygen facial termasuk ke dalam rangkaian treatment facial. Namun bagi kamu yang hanya ingin melakukan oxygen facial supaya wajah terhidrasi dan segar juga dapat dilakukan secara terpisah di tempat spa. Oxygen facial dilakukan dengan memberikan nutrisi ekstra ke kulit menggunakan campuran oksigen bertekanan tinggi dan serum khusus  untuk memperkuat efek pengencangan kulit yang diterapkan ke wajah baik dengan penguapan ataupun disemprot dengan jarak dekat.

 

                                            

 

Ketika kamu melakukan oxygen facial, maka setidaknya kondisi kulit kering dan kusam selama 3-4 minggu kedepan akan berkurang, karena wajah telah terhidrasi, sehat, lembab bahkan memberikan perlindungan dari bakteri penyebab jerawat tertentu. Melakukan oxygen facial tentu tidak membatalkan puasa, justru treatment ini memberikan rasa nyaman pada kulit kamu yang dehidrasi.

 

  • Rutin Menggunakan Skincare

Selain melakukan pola hidup yang sehat dari segi mengkonsumsi makanan, kamu juga disarankan supaya tidak terlalu tebal dalam penggunaan riasan wajah supaya kulit tidak mudah terlihat lelah. Metode paling utama untuk menjaga kesehatan kulit yaitu rutin mencuci wajah dan mandi 2 kali sehari, hal mudah ini dapat mengurangi penumpukan kotoran di kulit akibat polusi dan debu. Berikut rangkaian skincare yang dapat kamu lakukan: 

     - Gunakan body lotion, hal ini berfungsi untuk melembabkan dan menutrisi kulit pada beberapa area tubuh yang mudah terlihat gelap seperti siku dan bagian lipatan lainnya yang rentan kering.

     - Menggunakan sunscreen, hal ini wajib dilakukan jika kamu beraktifitas diluar ruangan untuk menjaga kelembaban pada kulit dan melindungi kulit dari sinar UV matahari.

     - Aplikasikan lip balm, kondisi bibir yang kering karena kurangnya cairan akan menimbulkan bibir yang pecah-pecah. Lip balm ini bertujuan supaya tetap menutrisi bibir kamu.

     - Gunakan face mist, setiap pagi sebelum beraktivitas untuk menjaga kelembapan pada wajah dan membuatnya terlihat lebih segar 

     - Tambahkan serum dan masker, saat malam hari selama satu minggu sekali kamu juga bisa mengaplikasikan serum dan sheet mask sebelum tidur untuk mengembalikan tampilan yang lebih segar keesokannya.

 

  • Perawatan Laser

Mungkin tidak semua pasien cocok untuk melakukan treatment dengan laser pico, laser pigmentasi atau Nd:YAG, bagi beberapa orang yang memiliki kulit sensitif kemerahan tidak disarankan treatment laser selama bulan puasa, hal ini dikhawatirkan timbulnya iritasi yang berkepanjangan. Namun sebenarnya tindakan laser tidak membatalkan puasa sama sekali, karena tidak ada proses injeksi dengan memasukkan cairan pada kulit sehingga treatment ini aman dilakukan. Perawatan dengan laser dapat membantu mencerahkan kulit akibat flek hitam hanya dengan beberapa kali treatment saja.

 

                                          

 

Itu dia rekomendasi perawatan yang dapat kamu pilih dengan tindakan aman dan tidak membatalkan puasa. Selain melakukan treatment di klinik kecantikan ada baiknya juga untuk diseimbangi melalui pola hidup yang sehat juga. Pilihlah perawatan yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu dan jangan terlalu berlebihan ya sobathey! Ingin mempersiapkan kulit tetap cantik sebelum lebaran? Yuk lakukan konsultasi terbaik di klinik terdekat atau kamu bisa klik disini untuk mengetahui informasi lebih lanjut!

Baca Juga: Apakah Memencet Komedo Itu Berbahaya?

Referensi:

Adelyanti Natasa. (2020). UGM Dermatologist Shares Tips on How to Mind Your Skin Health during Fasting

Byrdie. Fatima Zaidi. (2023). How Muslim Women Keep Their Skin Hydrated During Ramadan

Maughan. (2012). Hydration and performance during Ramadan

Tags :
Other Articles