Stop Konsumsi Gula Berlebihan! Ini Bahayanya untuk Kulit
06 November 2023 - by Nadira Maurizka
COPY LINK

Stop Konsumsi Gula Berlebihan! Ini Bahayanya untuk Kulit

 

Ragam kuliner manis seperti dessert semakin banyak digemari segala kalangan. Namun, tidak hanya dessert loh yang mengandung banyak gula dalam makanan keseharian kamu. Tahukah kamu bahwa segelas kopi susu dengan gula aren mengandung 3-4 sendok makan gula aren? Belum lagi kandungan gula dalam makanan atau snacks yang kamu makan perharinya.

 

Makanan-manis.jpg 

 

Minuman kopi dengan gula ini sudah menjadi budaya di kalangan anak muda. Banyak dan mudah didapat hanya melalui aplikasi pesan-antar, es kopi susu gula aren rata-rata dikonsumsi 2 hingga 3 gelas perhari. Padahal batas rata-rata konsumsi gula bagi perempuan adalah tidak lebih dari 25 gram sehari dan untuk laki-laki 36 gram.  Lalu, ada gak sih bahaya dari mengonsumsi gula berlebih? Yuk simak penjelasannya di sini!

 

 

Baca Juga: Ini Dia Perbedaan Breakout dan Purging yang Perlu Diketahui

 

 

Tidak hanya berdampak pada tubuh, kulit kamu juga bisa kena imbasnya!

 

Gula merupakan sumber energi yang dapat diserap dan diubah menjadi energi dalam tubuh. Mengonsumsi gula berlebih bisa membahayakan kesehatan kamu. Pasalnya, ketika tubuh terlalu banyak mengandung gula, insulin yang berfungsi mengubah gula menjadi energi jadi kewalahan. Akibatnya kadar gula dalam darah meningkat. 

 

Gula juga makanan yang bersifat inflamatori dan bisa menyebabkan inflamasi (peradangan) dari dalam tubuh dan menyebabkan meningkatnya kadar gula dalam darah dan insulin bisa membuat energi menurun dan bikin kamu merasa lebih cepat lelah dan mudah lapar meskipun sudah makan. Dampak terburuknya, hal tersebut bisa meningkatkan risiko penyakit diabetes dan obesitas.

 

Tidak hanya pada tubuh, konsumsi pada gula berlebih bisa berbahaya pada kulit kamu. Inflamasi dalam tubuh juga berdampak pada kulit kamu, terutama pada kemunculan jerawat. Beberapa dampak buruk dari konsumsi gula berlebih pada kulit di antaranya:

 

  • Peradangan kulit, seperti memicu kondisi rosacea, eczema dan psoriasis memburuk

 



Jaga kesehatan kulit dengan batasi konsumsi gula, yuk!

 

 

Makanan-sehat.jpg

 

 

Merawat kulit tidak cukup hanya dari luar saja. Pernah dengar istilah “you are what you eat”? Jika kita menjaga asupan harian kita dengan sehat, tampilan kulit kita pun juga semakin sehat. Untuk membantu kamu menjaga kesehatan kulit dari dalam, kamu bisa lakukan tips di bawah ini;

 

1. Memperhatikan kandungan gula dalam makanan, minuman dan snack. Hanya karena tidak tercantum bukan berarti apa yang kamu konsumsi tidak mengandung gula. Bahkan beberapa produk makanan memuat gula tambahan dengan nama lain seperti maltodextrin, fruktosa dan masih banyak lagi.

 

2. Mengganti makanan instan dengan real foods. Real foods di sini seperti sayuran dan buah-buahan yang sudah manis. Selain rendah gula, makanan sehat juga memiliki vitamin tambahan yang tubuh kamu butuhkan.

 

3. Kurangi konsumsi minuman manis, seperti es kopi gula aren, es teh manis, atau soda. Mengonsumsi kopi dengan gula secara rutin bisa mempercepat penuaan kulit. Yuk, pelan-pelan kurangi kandungan gula dalam kopi kamu!

 

4. Atur target meminum air putih dalam sehari. Dengan begitu, kamu akan fokus memenuhi target air putih kamu alih-alih mencari minuman manis sebagai teman makan kamu.

 

 

Baca Juga: Bukan dengan Silikon! Ini Dia Bahan yang Digunakan pada Balon Lambung

 

 

Selain itu, jangan lupa untuk selalu olahraga untuk mengimbangi konsumsi gula harian kamu. Rutin mengecek kadar gula darah juga diperlukan sebagai tindakan preventif dari kemungkinan munculnya penyakit lain seperti diabetes. Jika kamu memiliki masalah kulit dan khawatir itu disebabkan oleh konsumsi gula berlebih, jangan ragu untuk konsultasikan ke dokter ahli di sini ya!



Referensi:

 

UIN Raden Mas Said Surakarta (2022). Diakses pada 2023. Mewaspadai Dampak Konsumsi Gula Berlebih.

Detik Food (2020). Diakses pada 2023. Dokter Ini Ungkap Kalori Es Kopi Susu Gula Aren, Bikin Melongo!

Florida Dermatology and Skin Cancer Centers (2021). Diakses pada 2023. What Does Sugar Do To Your Skin?

Insider (2019). Diakses pada 2023. Yes, eating a lot of sugar can affect your skin: here’s how.

Tags :
Other Articles