Peringati Hari Psoriasis, Dokter Kulit Beri Edukasi Melalui PSORIASI5km-RUN
06 December 2023 - by Nadira Maurizka
COPY LINK

Peringati Hari Psoriasis, Dokter Kulit Beri Edukasi Melalui PSORIASI5km-RUN

 

 

Psoriasis merupakan penyakit kulit kronis yang membuat kulit terlihat kemerahan, menebal, kering dan mengelupas dan biasanya terjadi pada area kulit seperti di kepala, wajah, lutut dan juga siku. Penyakit kulit ini cukup umum dialami di dunia. Di Indonesia sendiri, psioriasis dialami oleh 1% dari populasi Indonesia. Psoriasis merupakan masalah sistem imun yang membuat sel-sel kulit bertumbuh lebih banyak dari biasanya. Umumnya, orang yang memiliki psoriasis disebabkan oleh faktor genetik, sehingga ada juga bayi dan anak-anak yang memiliki kondisi ini.

 

 

Psoriasi5km-Run.jpg

 

 

Memperingati Hari Psoriasis Sedunia, pada 29 Oktober 2023 lalu, PT. Regenesis Indonesia kembali menghadirkan acara bersama dengan Dermrunners dan brand product Heliocare. Acara yang dinamai PSORIASI5km-RUN ini turut mengajak para dokter kulit untuk mengedukasi masyarakat mengenai psoriasis. Yuk simak keseruannya!

 

 

Baca Juga: Dampak Buruk Sinar UV Ekstrem di Indonesia untuk Kesehatan Kulit

 

 

Tingkatkan awareness psoriasis dengan PSORIASI5km-RUN!

 

Dermrunners merupakan komunitas pelari yang didirikan sejak 1 Maret 2019. Komunitas ini beranggotakan dokter spesialis kulit dari seluruh Indonesia yang ditujukan untuk sebagai wadah silaturahmi para dokter spesialis kulit yang suka berolahraga dan juga berbagi informasi kesehatan pada setiap acaranya.

 

Pada World Psoriasis Day 2023 ini, Dermrunners bersama dengan PT. Regenesis Indonesia melangsungkan acara lari di Kota Bandung, sejauh 5 km sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat dengan cara konsultasi gratis seputar penyakit kulit dan juga membagikan flyer mengenai psoriasis. 

 

 

Dermrunners.jpg

 

 

Kegiatan lari dimulai pada pukul 06.00 WIB di Graha Pos Banda, dan menyusuri Jl. Asia Afrika, Jl. Braga, Jl. Riau dan diakhiri pada titik yang sama, yaitu Graha Pos Banda di Jalan Banda no. 30, Bandung. Acara ditutup dengan melakukan edukasi ke masyarakat sekitar Jalan Banda. Acara PSORIASI5km-RUN dilakukan agar masyarakat semakin mengenal penyakit psoriasis. Kedepannya, Dermrunners berharap bisa terus mengedukasi dan memberikan manfaat lebih banyak bagi masyarakat Indonesia melalui acara-acara mereka.

 

Sebagai penyakit kulit, psoriasis tentu juga memberikan dampak psikis kepada penderitanya. Rasa tidak percaya diri dan putus asa bisa muncul ketika pengobatan psoriasis tidak kunjung membuahkan hasil. Namun, meskipun psoriasis merupakan penyakit jangka panjang dan bersifat genetik, kamu bisa mengurangi efek kemerahan psoriasis dengan menggunakan sunscreen.



 

Sunscreen dengan broad spectrum kini hadir di Indonesia

 

Selain topical treatments dan obat penunjang lainnya, penggunaan sunscreen merupakan hal penting bagi penderita psoriasis. Sinar matahari bisa memberikan dampak buruk bagi kulit, seperti kemerahan, kulit kusam iritasi dan sunburn. Terutama bagi kamu yang memiliki psoriasis, hal ini bisa memperparah kondisi psoriasis dunia

 

Bersamaan dengan event World Psoriasis Day ini, PT. Regenesis Indonesia juga memperkenalkan sunscreen pertama di Indonesia yang memiliki spektrum luas, yaitu Heliocare. Sunscreen ini mampu melindungi kulit kamu dari sinar UVA dan UVB yang berbahaya bagi kulit. Kabar baiknya lagi, sunscreen ini juga dapat melindungi kamu dari polusi. Cocok sekali untuk kamu yang sering bepergian keluar rumah!

 

Untuk membantu mengurangi risiko psoriasis kamu kambuh, kamu juga bisa menghindari beberapa pemicunya. Beberapa di antaranya seperti;

 

  • Udara dingin dan kering
  • Infeksi kulit
  • Luka goresan atau gigitan serangga
  • Merokok dan juga asap rokok
  • Mengonsumsi alkohol

 

 

Baca Juga: Kulit Sawo Matang Bisa Kena Sunburn?

 

 

Meskipun psoriasis merupakan penyakit kulit yang bersifat jangka panjang, kamu tetap bisa mengontrolnya dan tetap menjalankan hari dengan semangat dan harapan. Apabila kamu punya pertanyaan lain mengenai psoriasis dan masalah kulit lainnya, kamu bisa bertanya dengan dokter di siniya. Selamat Hari Psoriasis Sedunia!



Referensi:

DermNet (2017). Diakses pada 2023. Psychological effects of psoriasis.

Mayo Clinic (2022). Diakses pada 2023. Psoriasis. 

NHS (2022). Diakses pada 2023. Psoriasis.

Tags :
Other Articles