Apakah Panu & Vitiligo Itu Sama? Cek Faktanya Di Sini!
20 June 2024 - by Nadira Maurizka
COPY LINK

Apakah Panu & Vitiligo Itu Sama? Cek Faktanya Di Sini!

 

Hidup di negara tropis membuat kita cenderung lebih sering terkena penyakit kulit yang disebabkan oleh kelembaban udara. Salah satunya adalah kondisi kulit panu yang membuat penderitanya memiliki bercak keputihan di kulit. Kemunculan bercak putih ini ternyata sering dianggap keliru sebagai vitiligo karena tampilannya yang sama secara sekilas. Namun, apakah benar kalau panu & vitiligo itu sama? Yuk simak faktanya di bawah ini!

 

 

Baca Juga: Jangan Tertukar! Ini Perbedaan Freckles, Lentigo dan Melasma

 

 

Apa itu panu dan vitiligo?

 

Panu dan vitiligo merupakan dua penyakit yang berbeda. Panu atau dalam bahasa ilmiahnya disebut pityriasis versicolor/ tinea versicolor merupakan infeksi jamur yang cukup ditemui. Jamur yang menyebabkan panu ini berasal dari tipe Malassezia. Panu biasanya muncul di area sekitar hidung, leher, dan tangan.

 

Menurut penelitian, terdapat beberapa hal yang menjadi faktor risiko kemunculan panu, yaitu:

 

1. Cuaca yang panas dan lembab

2. Faktor kehamilan

3. Kulit yang berminyak

4. Terlalu sering mengaplikasikan lotion yang berminyak 

5. Faktor genetik (sekitar 21%)

 

Untuk mengidentifikasi pityriasis versicolor, kamu bisa melakukan tes ke dokter spesialis kulit untuk pemeriksaan lebih lanjut, misal dengan biopsi kulit atau menggunakan wood lamp. Panu biasanya sering ditemui pada laki-laki dewasa. Namun, tidak jarang juga ditemui pada anak-anak, remaja, bahkan lansia.

 

Sedangkan vitiligo merupakan kondisi kulit kehilangan sel melanosit, sel yang berperan untuk menghasilkan pigmen/warna kulit kamu. Pada orang dengan kulit yang lebih gelap, vitiligo bisa semakin terlihat. Vitiligo nyatanya cukup jarang dialami (hanya sekitar 0.5% populasi di dunia). 

 

 

Vitiligo.jpg

 

 

Penyebab hilangnya sel melanosit ini belum diketahui pastinya, namun berkaitan dengan kondisi penyakit autoimun. Sekitar 80% orang yang mengidap vitiligo didapatkan dari faktor keturunan, dan sisanya 20% dipicu oleh faktor lingkungan. Vitiligo bisa muncul di seluruh area kulit, dan sering ditemui pada bagian yang sering terkena paparan sinar matahari. Serta pada kulit yang sering digaruk atau diusap dengan keras (repetitive trauma).

 

 

Perbedaan panu vs vitiligo

 

 

Panu-vs-vitiligo-gambar.jpg

 

 

Untuk lebih jelasnya, MinHey sudah merangkum fakta apa saja yang menjadi perbedaan antara panu dan vitiligo!

 

Vitiligo-vs-Panu.jpg

 

 

Baca Juga: "I AM ALIVE WITH SELFLOVE": Pentingnya Belajar Hidup dari Vitiligo

 

Vitiligo membuat kulit kamu menjadi lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk selalu menggunakan sunscreen dan pakaian yang tertutup apabila berkegiatan di luar ruang. Nah, sekarang sudah tahu kan perbedaan vitiligo dan panu? Namun, jangan sampai melakukan self diagnosis ya! Jika kamu punya pertanyaan seputar vitiligo, yuk tanyakan ke dokter spesialis kulit di sini!

 

 

Referensi:

DermNet (2021). Diakses pada 2024. Pityriasis Versicolor.

DermNet (2022). Diakses pada 2024. Vitiligo.

My Vitiligo Team (2022). Diakses pada 2024. Tinea Versicolor vs. Vitiligo: What’s the Difference?

National Library of Medicine (2024). Diakses pada 2024. Tinea Versicolor.

Tags :
Other Articles