Ini Alasan Kenapa Bibir Juga Butuh SPF
03 January 2024 - by Nadira Maurizka
COPY LINK

Ini Alasan Kenapa Bibir Juga Butuh SPF

 

Meskipun baik untuk tubuh, terpapar sinar matahari secara berlebihan pada waktu-waktu tertentu bisa berbahaya bagi kulit kamu. Sinar ultraviolet yang berasal dari matahari mampu merusak kulit jika dibiarkan dalam jangka panjang. Beberapa risiko tersebut di antaranya seperti:

 

 

Ketika kulit terlalu lama berada di bawah sinar matahari, ia akan terasa seperti terbakar (burn), tidak nyaman dan kemerahan. Sunburn bisa mempercepat proses penuaan dan bisa meningkatkan risiko terkenanya kanker kulit di kemudian hari. Selain kulit wajah, bibir kamu juga perlu lho mendapatkan perawatan yang sama. Yuk simak mengapa bibir juga butuh perlindungan SPF!



 

Baca Juga: 3 Fakta Tentang Kanker Kulit yang Perlu Kamu Ketahui

 

 

 

Bibir juga butuh dilindungi dari sinar UV!

 

 

Lips-in-the-sun.jpg

 

 

Kulit pada bibir kamu lebih sensitif dan lebih tipis dibandingkan kulit di area tubuh lainnya. Hal ini dikarenakan bibir tidak memiliki kelenjar minyak di lapisan kulitnya sehingga lebih mudah kering. Salah satu masalah yang sering dialami oleh banyak orang adalah bibir pecah-pecah (chapped lips). Bibir yang pecah-pecah dan mengelupas bisa terasa sangat sakit dan gatal. 

 

Sunscreen menjadi hal wajib yang kamu harus gunakan sebelum pergi keluar rumah di siang hari. Dan bibir bukan jadi pengecualian. Area kulit yang tidak terlindungi SPF memiliki risiko yang lebih tinggi terkena penuaan dini hingga kanker kulit. Oleh karena itu, menggunakan produk bibir yang mengandung SPF (sun protection factor)  juga sama pentingnya dengan menggunakan sunscreen untuk wajah kamu,

 

Kurangnya kandungan melanin pada bibir juga meningkatkan risiko terkena sunburn pada bibir. Melanin selain memberikan warna pada kulit, juga bekerja sebagai agen yang melindungi kulit dari matahari. Itulah mengapa orang dengan kulit yang lebih gelap memiliki risiko yang rendah terkena sunburn. Tidak melindungi bibir dengan kandungan SPF dapat membuat bibir lebih cepat terlihat garis halus, flek hitam dan keriput di sekitar bibir.



 

Yuk jaga kesehatan bibir dengan tips ini!

 

Kabar baiknya, kebanyakan produk bibir yang mengandung SPF juga memuat bahan humektan lain yang berfungsi sebagai pelembab bibir, seperti ceramideglycerin, shea butter, hingga hyaluronic acid. Dengan begitu, kamu bisa melindungi bibir dari sinar UV sekaligus menjaga kelembaban bibir dengan sempurna. Produk bibir yang mengandung SPF juga mengandung antioxidant alami yang bisa mengatasi masalah kulit di sekitar bibir.

 

 

menggunakan-lip-balm.jpg

 

 

Berikut tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan bibir kamu!

 

  1. Apply SPF untuk bibir minimal 30 menit sebelum keluar rumah. Apabila kamu memiliki bibir yang kering dan sensitif, cari produk dengan kandungan zinc dioxide  dan titanium dioxide. Hindari juga produk yang mengandung pewangi, propolis, atau mentol.
  2. Re-apply lip balm yang mengandung SPF setiap dua jam sekali jika di luar ruang
  3. Menjaga hidrasi tubuh dengan minum air putih yang cukup
  4. Hindari kebiasaan menjilat bibir 
  5. Rutin mengeksfoliasi bibir
  6. Gunakan humidifier pada ruangan yang terasa kering



Baca Juga: Pakai Foundation Ber-SPF, Haruskah Pakai Suncreen Lagi? 

 

 

Belakangan ini sudah banyak muncul beragam pilihan produk bibir yang mengandung SPF, seperti lip balm, lip oil, hingga lip gloss. Kamu pun bisa menambah layer produk bibir lainnya tanpa mengurangi manfaat SPF pada produk tersebut. Make-up tanpa pewarna bibir tidak akan terlihat sempurna, oleh karena itu selalu jaga kesehatan bibir kamu agar penampilan kamu selalu flawless dan on-point

 

Apabila kamu masih memiliki pertanyaan seputar masalah bibir atau masalah kulit lainnya, yuk segera tanyakan dengan dokter ahli di sini!



Referensi:

Cleveland Clinic (2021). Diakses pada 2023. Chapped Lips.

Skin Cancer Foundation (2023). Diakses pada 2023. Sunburn & Your Skin.

Byrdie (2023). Diakses pada 2023. Yes, You Need to Wear Sunscreen on Your Lips—Here’s Why.

Tags :
Other Articles