Amankah Melakukan IPL Hair Removal di Rumah? Simak Penjelasannya!
07 April 2023 - by Miftahur Rahmi
COPY LINK

Amankah Melakukan IPL Hair Removal di Rumah? Simak Penjelasannya!

Pertumbuhan bulu dan rambut halus di beberapa area, seperti wajah, ketiak, kaki, atau tangan ternyata bagi sebagian orang cukup mengganggu penampilan. Makanya, populer istilah shaving atau waxing untuk mengangkatnya. Tapi, ternyata metode perawatan tubuh yang kian canggih juga berdampak pada proses cukur-mencukur ini.

 

Salah satunya dengan permanent hair removal melalui Intense-Pulsed Light (IPL). Metode ini berbasis teknologi gelombang cahaya untuk menghancurkan folikel rambut halus pada kulit sehingga minim bahkan tidak akan tumbuh lagi. Sinar yang diserap oleh melanin rambut akat menidurkan akarnya sehingga secara permanen mencegah pertumbuhan bulu atau rambut halus secara signifikan.

 

IPL berbeda dengan laser, dan L pada IPL bukan berarti laser. Laser merupakan terapi yang hanya menggunakan satu jenis gelombang saja, berbeda dengan IPL yang melakukannya dengan banyak panjang gelombang cahaya sehingga area yang dijangkau akan lebih luas.

 

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bulu Ketiak dengan IPL

 

Kelebihannya juga, IPL relatif aman dilakukan oleh siapa saja dan sangat minim efek samping selama dilakukan dengan benar. Selain itu, IPL juga mengembalikan percaya diri dengan meminimalisir pertumbuhan bulu dan rambut halus. Namun, beberapa orang tidak dianjurkan untuk melakukan IPL bila; kulit sensitif terhadap cahaya, pasien kanker kulit, pengguna krim retinoid, dan memiliki bakat keloid.

 

Berbeda dengan mencabut bulu melalui waxing, pinset, atau krim yang dioleskan. Meski cara ini masih dilakukan karena alat dan biaya yang dikeluarkan lebih murah, namun hasilnya hanya bersifat sementara dan harus dilakukan secara berulang-ulang sampai area kulit yang dicukur benar-benar ‘bersih’. Begitu tersu dilakukan secara berulang saat rambut dan bulu halus mulai tumbuh kembali.

 

Demi mendapatkan hasil yang diinginkan, IPL harus dilakukan beberapa kali sesuai dengan hasil konsultasi bersama dokter yang melakukannya.

 

Bolehkah Melakukan IPL Hair Removal di Rumah?

Biasanya, IPL hair removal ini dilakukan di klinik kecantikan oleh dokter kulit yang berkompeten karena panjang gelombang yang dipancarkan akan bervariasi sesuai kondisi dan area kulit yang ditangani. Tapi, saat ini sudah banyak alat-alat IPL hair removal yang dijual bebas di marketplace dengan harga yang tentu lebih murah.

 

                                                         

 

Opsi melakukan IPL hair removal secara mandiri di rumah mulai banyak digalakkan. Katanya sih, agar lebih hemat, lebih leluasa dari segi waktu, dan bisa dilakukan kapan aja. Berbeda dengan klinik yang harus appointment terlebih dahulu dan membutuhkan waktu; baik untuk pergi dan pulang maupun selama pengerjaannya.

 

Baca Juga: Perawatan Untuk Menghilangkan Jerawat dengan Metode IPL

 

Secara medis, IPL hair removal di rumah ini aman nggak sih?

Sebenarnya sih boleh-boleh aja, asal kamu bisa menjamin beberapa hal berikut.

  • Memastikan alat yang dibeli sudah tersertifikasi dan terkalibrasi dari segi kemanan, keampuhan, batas aman panjang gelombang, serta sudah teruji secara ilmiah.
  • Kebersihan alat-alat yang digunakan.
  • Teliti serta hati-hati dalam menyeleksi area dan batas kulit yang akan dicukur.

 

Meski minim efek samping, IPL yang dilakukan di rumah bisa berbahaya jika alat yang digunakan serta pelaksanannya tidak sesuai. Akibatnya, risiko kulit terbakar, luka, infeksi, dan warna kulit tidak merata akan meningkat.

 

Beberapa akibat ini tidak bisa dikesampingkan begitu saja, karena tentu akan mengganggu penampilan serta aktivitas sehari-hari.

 

IPL Hair Removal di Klinik Aja!

Nah, untuk melakukan IPL hair removal yang aman dan minim efek samping, sebaiknya kamu langsung saja datang ke klinik kecantikan yang terpercaya. Selain pengerjaannya dilakukan dan diawasi oleh dokter yang berkompeten, alat yang digunakan serta hasilnya tentu akan terpantau.

 

Biasanya, prosedur IPL hair removal di klinik dimulai dengan mencukur bulu atau rambut halus pada area yang ingin dibersihkan. Setelah dicukur, area tersebut akan diolesi dengan formulated gel agar terasa sejuk dan nyaman serta meminimalisir rasa panas selama IPL dilakukan. Kemudian, proses penyinaran gelombang akan dimulai untuk menidurkan akar-akar rambut pada area tersebut.

 

Hasilnya memang tidak instan karena harus dilakukan dengan beberapa kali kunjungan, tapi biasanya kamu akan mulai merasakan perubahan; seperti pertumbuhan rambut dan bulu yang makin sedikit, makin lambat, dan ketika diraba akan terasa lebih lembut serta halus.

 

Masih punya pertanyaan seputar perawatan IPL? Yuk, tanyakan masalah kulitmu disini yuk!

Tags :
Other Articles