Artis Nanie Darham Meninggal Usai Melakukan Sedot Lemak, Begini Faktanya
11 December 2023 - by Nadira Maurizka
COPY LINK

Artis Nanie Darham Meninggal Usai Melakukan Sedot Lemak, Begini Faktanya

 

Beberapa waktu lalu dunia entertainment diramaikan dengan berita meninggalnya artis Nanie Darham.  Nanie Darham dilansir meninggal ketika usai melakukan treatment sedot lemak di salah satu klinik kecantikan di Cipete, Jakarta Selatan. Nanie dikabarkan masih dalam proses pemulihan pasca melahirkan dua bulan yang lalu. Hal inilah yang membuat kondisinya memburuk saat melakukan treatment sedot lemak.

 

Sedot lemak merupakan prosedur bedah dalam bidang kecantikan yang ditujukan untuk menghilangkan lemak di area yang kamu tidak inginkan. Namun, layaknya tindakan bedah pada umumnya, sedot lemak membutuhkan screening menyeluruh pada tubuh kamu sebelum akhirnya kamu memenuhi syarat untuk tindakan. Apa yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukan sedot lemak? Yuk simak di sini!



Baca Juga: Yuk, Intip Sederet Artis yang Pernah Melakukan Perawatan Sedot Lemak

 

 

Bagaimana prosedur sedot lemak? 

 

Sedot lemak atau dikenal juga dengan liposuction biasanya dilakukan agar kamu bisa mendapatkan tubuh yang ideal meskipun sudah melakukan diet. Sedot lemak bisa dilakukan untuk area tubuh  seperti;

 

 

 

 

Checkup-sebelum-treatment.jpg

 

 

Layaknya prosedur bedah lain, dokter akan memberikan obat bius lokal. Kemudian operasi akan dilakukan pada area yang sudah ditandai sebelumnya. Lemak akan dihancurkan menggunakan ultrasound. Dan sayatan kecil akan dibuat untuk memasukkan canulla ke dalam kulit untuk menyedot lemak dengan pompa khusus atau bisa juga dengan jarum suntik yang berukuran besar. Setelah prosedur dilakukan, bengkak dan memar mungkin muncul. Dibutuhkan beberapa minggu atau bulan agar bengkaknya mereda dan kamu bisa melihat hasilnya.

 

Hal penting yang harus diperhatikan adalah kamu harus dalam kondisi yang benar-benar sehat sebelum memutuskan untuk melakukan operasi sedot lemak. Terutama jika kamu baru saja melakukan tindakan besar seperti operasi caesar. Dibutuhkan waktu 6 bulan hingga 1 tahun sebelum kamu boleh melakukan sedot lemak. Kamu bisa mendapatkan risiko yang berbahaya apabila tidak mengindahkan syarat ini, seperti;

 

  • Penyumbatan aliran darah
  • Coronary artery disease
  • Terlalu banyak cairan di paru-paru
  • Seroma
  • Masalah jantung dan ginjal
  • Melemahnya sistem imun

 

 

Baca Juga: Ibu Hamil Wajib Tahu, 7 Masalah Kulit yang Mungkin Terjadi!

 

 

Hal yang harus kamu lakukan sebelum melakukan sedot lemak

 

Sedot lemak aman dilakukan selama kamu dalam kondisi sehat dan sudah melakukan beberapa tes lab yang dibutuhkan. Hal-hal yang harus kamu lakukan sebelum melakukan sedot lemak yaitu:

 

 

Tes-lab-sebelum-treatment.jpg

 

 

1. Mencari dan memastikan klinik dan dokter yang berpengalaman dalam bidang sedot lemak.

 

2. Membahas hasil yang kamu inginkan dengan dokter

Perlu diingat bahwa kamu harus realistis dalam menentukan hasil akhir dari sedot lemak ini. Pada dasarnya sedot lemak bukanlah opsi utama untuk menurunkan berat badan, melainkan hanya sebagai alternatif apabila segala cara sudah kamu lakukan namun belum juga membuahkan hasil.

 

3. Memaparkan medical history kepada dokter

Misalnya seperti riwayat tindakan bedah yang pernah dilakukan, alergi obat, penyakit yang kamu alami sebelumnya, dan juga obat atau vitamin apa yang sedang kamu konsumsi.

 

4. Berhenti mengonsumsi obat-obatan yang bisa mengencerkan darah atau obat anti nyeri (NSAIDs/ nonsteroidal anti-inflammatory drugs) kurang lebih satu minggu sebelum tindakan.

 

5. Melakukan tes darah secara menyeluruh atau medical check-up



Baca Juga:Ini Kisah Pasien Balon Lambung Allurion yang Turun 7kg dalam 3 Minggu

 

 

MinHey juga turut berduka atas musibah yang terjadi, semoga kedepannya tidak ada lagi korban serupa. Sedot lemak adalah prosedur kecantikan alternatif yang memilki cukup banyak risiko, sehingga tidak semua orang cocok untuk prosedur ini. Pastikan kamu melakukan pemeriksaan menyeluruh dan juga selektif dalam memilih dokter dan klinik untuk melakukan treatment sedot lemak.



Referensi:

Healthline (2018). Diakses pada 2023. Is Liposuction Safe?

MayoClinic (2023). Diakses pada 2023. Liposuction.

Suara (2023). Diakses pada 2023. Kronologi Nanie Darham Meninggal Dunia Usai Operasi Sedot Lemak di Klinik.

 

Tags :
Other Articles